Widget HTML Atas

Cara Membuat Login / Sign in Activity di Sketchware Android

Halo kawan semua, kali ini saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Login / Sign in Activity dengan Sketchware, saya akan menerapkan dengan metode data offline yang artinya data akan tersimpan di aplikasi, plus saya juga menjelaskan bagaimana membuat menu Sign up dan Sign out nya juga sebagai bonus.
Oke kita mulai yang pertama kita harus membuat tampilan halaman loginnya seperti gambar berikut. Untuk yang tidak mau repot saya menyediakan contoh Project yang sudah jadi kok, nanti bisa cek dibawah.

Jika sudah membuat tampilan Login kamu bisa membuat tampilan setelah login nanti, berarti kamu harus membuat dahulu layout barunya, seperti contoh gambar dibawah. Yang belum tau cara membuat activity bisa klik link : Cara Membuat dan Menghubungkan 2 Activity.


Nah ok setelah itu pada tombol Button sebagai trigger login nya, kita buat Logic berupa IF Else. Dengan logika ( JIKA AKUN ADA DAN BENAR DENGAN PASSWORD MAKA LANJUT, JIKA SALAH GAGAL ). Kalian harus paham logika seperti ini agar kedepannya lebih paham bagaimana membuat aplikasi .

Ok saya anggap semua sudah paham, kemudian kita membuat Component SharedPreference bernama USER, ini berguna menyimpan data offline dan permanent selama data aplikasi tidak dihapus atau dihapus dengan sistem.


Kita pasang block AND dan EQUAL, kemudian pasang EDITTEXT User sisi pertama dan Preference USER sisi pertama begitu juga password di sisi kedua. Kira kira logikanya seperti ini, Jika inputan user sama dengan data DAN password juga sama dengan data maka dapat login, artinya jika USER sama dengan data namun password tidak sama maka gagal. Lihat pada gambar berikut.


Terakhir kita tinggal memasukan data pada Shared Preference tentunya diisi dengan user dan password untuk login, kita pasang saja di OnCreate. Gunakan setData key seperti gambar berikut

Selanjutnya saya memberikan bonus membuat LOGOUT dan SIGN UP, dimulai dari logout. Dasarnya jika kita ke menu utama tekan tombol back di android jelas kita akan kembali ke halaman sebelumnya, tapi ini jelas melanggar struktur tentang login dan logout. Bisa saja user atau kita sendiri tidak sengaja tekan tombol back dan keluar, pasti menjengkelkan jika harus login terlebih dahulu. OK kita buat dahulu tombol LOGOUT pada tampilan utama dan buat logic untuk kembali ke menu login


Kemudian tambahkan menu OnBackPressed pada menu EVENT > Activity seperti gambar berikut. Nah ini berfungsi agar ketika tombol back ditekan maka tidak berpengaruh apa apa, berarti dia tidak akan kembali ke activity sebelumnya ( menu login )

Selanjutnya adalah menu Sign up, kita buat dahulu layout sign up, lalu buat intent perpindahan dari sign in ke sign up, saya membuat contoh seperti berikut.

Kalian bisa ikuti seperti gambar dibawah, ini berfungsi agar menambahkan data ke user0 dan password0, jika sudah ada data maka akan mencoba menambahkan data ke user1 dan password1 dan seterusnya.

Pada penjelasan awal kita menggunakan data login user dan password sedangkan pada penjelasan sign up kita menggunakan user0 user1 user2 .. Sebenarnya ini tidak sinkron dan data tidak bisa digunakan, jadi kita harus menambahkan logic agar bisa menggunakan user0 user1 user 2...
Jadi kalian harus coba sendiriyaaa...

Nah itu adalah penjelasan bagaimana Cara Membuat Login / Sign in Activity di Sketchware Android dengan cara simpel, untuk ukuran sederhana ini sudah termasuk baik, next time kita akan membuat menu login ke tahap lanjut yaitu menyimpan data secara online.

No comments for "Cara Membuat Login / Sign in Activity di Sketchware Android"