Widget HTML Atas

Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan Widget EditText Pada Sketchware

Halo teman-teman, disini saya akan menjelaskan Fungsi dan Cara Menggunakan Widget EditText Pada Sketchware. Buat yang belum mengenal apa itu Sketchware, Sketchware adalah Aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membuat Aplikasi Android, untuk lebih jelasnya baca artikel ini ya : Cara Membuat Aplikasi Android di Android dengan Sketchware

Oke kita lanjut. Seperti pada namanya, EditText berfungsi untuk menampilkan kotak text yang bisa diedit-edit, biasanya edit text digunakan untuk mengisi form atau seperti notepad, notepad itu termasuk EditT ext juga loh yang didesain cantik membuatnya berbeda dengan EditText pada umumnya yang biasa kita jumpai di kotak form.

Seperti biasa pada tutorial harus dimulai dari kanvas kosong terlebih dahulu

Kita drag and drop EditText ke kanvas langsung saja buka settingnya seperti gambar berikut, oh ya sebelumnya saya ingatkan lagi untuk yang baru tau artikel ini kamu bisa mempelajari dari awal artikel tentang Cara Membuat Aplikasi Android di Android dengan Sketchware.
Layout Properties sama seperti pada umumnya untuk pengatur posisi, panjang, tinggi dan batas-batas margin, kita langsung skip aja ke Text Properties.

Nah disini yang pertama ada menu Text, jadi defaultnya ini kosong ya. Kita bisa isi Textnya atau tidak bebas saja, kalau Text diisi jadinya nanti default Text nya akan berubah (yang awalnya kosong) ketika kita membuka page akan otomatis terisi pada menu EditText nya. Umumnya jika EdiText diisi digunakan untuk menu Form Support Admin, seperti mengirim email ke Admin biasa EditText Subject diisi dengan 'Support' ya seperti itulah kira kira penggunaannya.

Seperti biasa bawahnya ada menu TextSize untuk mengatur besar huruf, TextStyle untuk fontnya, TextColor untuk mengatur warna font.
Nah disini yang membedakan juga pada EditText terdapat menu Hint, menu Hint disini digunakan untuk memberikan informasi apa yang seharusnya ditulis pada menu EditText misalnya Hint "Email" "Password" "Username". Hint berbeda dengan Text, kalau Hint akan muncul jika text masih kosong, namun saat mengetik maka Hint otomatis menghilang, sedangkan Text harus dihapus dulu jika ingin mengganti textnya dan ketika text dihapus semua maka text akan kosong (kalau hint terdapat text)
Kira kira seperti itulah penjelasan simple nya, berikut contoh Hint yang sudah kita ubah

Di menu Single Line sudah kita singgung penggunaannya pada artikel https://infonyabang.blogspot.com/2019/02/fungsi-dan-cara-menggunakan-widget-textview.html kamu bisa baca penjelasannya.
Intinya mengubah saja yang awalnya tidak tentu/menyesuaikan menjadi fix hanya 1 baris saja sesuai namanya pasti. Single Line disini bisa dibilang sudah menjadi kewajiban untuk diaktifkan pada menu EditText, karena jika tidak diatur maka layout pada layar akan berantakan kemana-mana.

Seperti berikut contoh di gambar berikut

Terlihat perbedaan saat menu Single Line belum dan sudah diaktifkan. Terlihat simple bukan?, namun bagaimana jika kita membuat aplikasi android tahap lanjut? misalnya bagian bawah terdapat EditText lagi atau TextView maka otomatis dibawahnya akan tergeser turun terus menerus sesuai berapa baris yang terpakai pada EditText yang kita ketik.
Jadi Single Line sangat berguna untuk diaktifkan ya teman-teman.

Selain Single Line tentu kita juga ingin mengatur seberapa panjang kotak EditText yang kita pakai, jika seperti gambar diatas maka sangat jelas yang awalnya panjang hanya beberapa namun ketika menulis panjang EditText melebar kemana-mana.
Nah disini menu Width pada menu Text Properties sangat berguna karna mengatur posisi menjadi Fix sesuai keinginan kita seperti gambar dibawah

Saya juga bahas 2 menu yang terdapat pada EditText, yaitu Input Type dan Ime Option.
Input Type berguna untuk mengatur jenis apa yang ingin kita pakai pada EditText, berikut adalah gambar apa saja yang ada ada menu Input Type.


Text = Untuk Input Type text biasa pada umumnya
NumberSigned = Untuk Input Type angka bertanda, bertanda disini seperti tanda minus (-) pada angka
NumberDecimal = Utuk Input Type angka bukan bilangan bulat, biasa disebut bilangan koma namun harus diingat sebenarnya program bilangan manapun TIDAK PERNAH MENGENAL istilah koma ya teman-teman, karna yang dipakai adalah tanda titik ( . )
Phone = Untuk Input Type nomor telepon
TextPassword = Untuk Input Type password yang ketika mengetik akan berubah menjadi tanda bintang atau bulat titik (seperti itulah pokoknya)

Oke ayo kita langsung coba saja contohnya seperti apa.
Yang pertama adalah jika menggunakan Input Type NumberSigned dan NumberDecimal terlihat sama saat mengetik.


Namun ketika sudah mengetik akan terasa perbedaannya, ketika menggunakan NumberSigned maka kamu tidak akan bisa mengetik tanda titik, sebaliknya ketika menggunakan NumberDecimal kamu tidak akan bisa mengetik tanda minus.

Selanjutnya Input Type Phone, Input Type ini sudah pasti sesuai namanya untuk mengetik nomor telepon. Terlihat mirip dengan NumberSigned dan NumberDecimal, namun bedanya adalah ketika kamu menggunakan Phone maka akan muncul tanda Pagar ( # ), Bintang ( * ) dan Plus ( + )

Juga ada Input Type TextPassword berupa text berpassword yang berguna untuk menyembunyikan huruf sebagai password

Kita sudah bahas tentang Input Type lalu kita bahas juga Ime Option
Berupa menu opsi yang kita gunakan pada EditText, sebenernya tidak ubah tidak masalah karna secara default sudah normal
Saya juga tidak terlalu paham semua isi dari Ime Option namun saya bahas juga yang saya ketahui ya mohon dikoreksi juga kamu lebih paham tentang Ime Option ini yaaa....

Saya hanya pakai menu Normal, Send, Next, dan Done.
Normal = Seperti biasa pada umumnya
Next = Misalnya disana terdapat 2 EditText ketika kita selesai mengetik pada EditText pertama ( dengean Option Next ) maka saat enter akan langsung berpindah pada Edit Text selanjutnya.
Done = Misalnya sudah berada di EditText kedua ( dengan ime Done ) maka saat enter maka keypad akan menghilang seperti sudah selesai mengetik ( jadi tombol submitnya manual )
Send = Misalnya sudah berada di EditText kedua ( dengan ime Done ) maka saat enter maka tombol submit akan otomatis klik seperti ketika sudah mengetik Email dan Password langsung enter tanpa klik tombol Login bisa tetap langsung login.

EditText juga bisa divariasikan dengan warna atau gambar sesuai selera

Nah itu dia pengenalan singkat tentang Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan Widget EditText Pada Sketchware. Kamu bisa kreasikan sesuka hatimu dan bisa mempelajari dengan mempraktekan langsung agar lebih mudah kamu mengerti. Pada tahap selanjutnya saya akan memberikan Info seperti Membuat 2 Activity/Layar/Page dan menyambungkan kedua Activity tersebut, membuat Login Page, Berhitung, dan masih banyak lainnya. Selama belajar pasti bisa!

Ayo bagikan artikel ini ke temanmu agar mereka tau kalau di Android juga bisa membuat aplikasi Android!

No comments for "Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan Widget EditText Pada Sketchware"