Widget HTML Atas

Cara Membuat dan Menghubungkan 2 Activity di Sketchware

Halo kawan, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat 2 Activity dan menghubungkan antar Activity pada aplikasi Sketchware. Kenapa ada 2 atau lebih Activity? karena kita akan memfokuskan 1 Activity untuk satu fungsi tertentu, misalnya Activity Signin dan Signup, tentu akan sangat berhubungan, jika kita belum punya akun kita harus dialihkan ke Activity Signup untuk membuat akun dan kemudian bisa Signin dengan akun yang kita buat.
Kita menggunakan Aplikasi bernama Sketchware, bagi yang belum mengetahui apa itu Sketchware, kalian bisa langsung saja baca artikel saya tentang Cara Membuat Aplikasi Android di Android dengan Sketchware.

OK Langsung saja bahan utama yang kita gunakan adalah Block Component Intent, Intent memang difungsikan untuk mengatur Activity seperti menghubungkan dari 1 Activity ke Activity lain.

Lets go kita pasang saja TextView untuk menandakan bahwa ini adalah halaman 1 atau halaman utama ( MainActivity ). Kita pasang juga Button ntuk memfungsikan Event ketika Button diklik maka akan teralihkan ke halaman lain.

Nah kemudian klik titik 3 di pojok kanan atas, lalu klik menu View.

main.xml ( MainActivity.java ) adalah Activity utama yang akan ditampilkan saat pertama kali masuk aplikasi.

Kemudian klik tanda Plus ( + ) dan buat nama View ( Activity ) sesuai selera, saran saya cukup centang-kan StatusBar saja, kalian bisa coba sendiri perbedaan antara StatusBar, Toolbar, Drawer dan FAB.

Nah kalian bisa klik tulisan main.xml di pojok bawah, ini untuk mengatur Activity mana yang akan kamu setting, kita pilih Activity kedua ya.

Kita tandai Activity kedua seperti cara sebelumnya.

Selanjutnya balik lagi ke Activity pertama, masuk ke menu Event dan pilin Button OnClick
Pilih menu Component dan klik Add Component

Pilih Intent dan buat nama bebas.

Pasang block Intent: [NAMAINTENT] setScreen [NAMAACTIVITY]
Ini berfungsi untuk 'SET SCREEN' atau ubah layar Activity menjadi Activity yang kita mau.

Tambahkan juga StartActivity yang berfungsi untuk menjalankan Activity yang sudah kita setting, seperti gambar berikut.

Jika sudah bisa langsung dieksekusi saja dan lihat hasilnya.

Ketika menekan tombol PINDAH KE HALAMAN KEDUA maka yang akan tampil adalah Activity kedua ( sebelumnya kita sudah tandai mana Activity pertama dan mana yang kedua )

Mudah bukan? Ini merupakan dasar pembuatan aplikasi yang sangat penting bagi kamu. Dengan beginin kamu bisa mengatur 2 atau lebih Activity dan menghubungkannya!

No comments for "Cara Membuat dan Menghubungkan 2 Activity di Sketchware"